Rabobank Bidik Segmen UKM

Rabobank Bidik Segmen UKM
Rabu, 22 Oktober 2008 | 20:11 WIB

Sumber : Kompas.com

SURABAYA, RABU - Bank asal Belanda Rabobank membidik segmen usaha kecil dan menengah untuk memperbesar penyaluran kredit di Jawa Timur. Dengan total penyaluran kredit Rp 9,64 triliun sampai triwulan ketiga tahun 2008, Rabobank menargetkan pertumbuhan 30 persen di lima wilayah kerja di Indonesia.

Selain Jawa Timur, Rabobank tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera, serta DKI Jakarta. Rata-rata kinerja di tiap daerah tidak berbeda jauh yaitu kredit yang disalurkan mayoritas untuk pelaku UKM.

"Kami melihat Jatim potensial di sektor ritel dan UKM," ungkap Wakil Presiden Direktur Bank Rabobank International Indonesia Danny Hartono didampingi Presiden Komisaris Timothy dan Chief Financial and Risk Officer Geert Embrechts seusai media briefing di Surab aya, Rabu (22/10).

Dia menilai pertumbuhan sektor UKM tergolong stabil seperti beberapa sektor, yaitu pangan, agribisnis, serta sektor konsumsi tertentu. Walau kondisi perekonomian sedang tidak menentu karena krisis keuangan global, sektor-sektor tersebut relatif tidak tergoyahkan. "Misalnya sektor pangan, orang tetap harus makan," ujar Geert Embrecht.

Terlebih lagi sektor pangan dan agribisnis mempunyai cakupan yang sangat luas. Keduanya melibatkan berbagai sektor industri penunjang. Dengan dasar pertimbangan tersebut, sektor pangan, agribisnis, konsumsi, dan terutama UKM, menjadi fokus penyaluran kredit.

Sementara kondisi perekonomian global bagaimanapun berpengaruh terhadap aktivitas perbankan. Berdasar pertimbangan tersebut, Rabobank akan merevisi t arget pertumbuhan kredit. "Kemungkinan, dari target 30 persen, kami merevisi menjadi 25 persen," tutur Danny.

Sementara itu Rabobank memiliki 18.847 nasabah di Surabaya, 17.875 diantaranya merupakan nasabah simpanan, sedangkan sisanya merupakan nasabah pinjaman. Selain di Surabaya, Rabobank mempunyai kantor cabang di Malang, Jember, Kediri, serta Sidoarjo.

Tidak ada komentar: