Rabobank Bakal Terbesar di Indonesia

28/07/2008 13:46
Rabobank Bakal Terbesar di Indonesia

INILAH.COM, Jakarta - PT Bank Rabobank Indonesia (Rabobank Indonesia) menjadi bank internasional nomor satu di Indonesia setelah proses merger dengan Hagabank dan Bank Hagakita tuntas.

Presiden Direktur Rabobank Indonesia Tony Costa, dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (28/7), mengatakan melalui proses merger tiga bank ini, perseroan akan menjadi bank internasional terbesar karena memiliki 94 kantor cabang di Indonesia dan sekitar 1.700 karyawan.

"Hingga 2010, kami akan terus meluaskan kantor cabang kita hingga 250 cabang, yang lebih banyak di luar pulau Jawa untuk memperluas basis nasabah," kata Tony.

Selain itu, merger itu juga menghasilkan total aset gabungan mencapai Rp 10,2 triliun atau sekitar US$ 1,1 miliar.

Tony juga mengungkapkan bahwa proses merger sendiri sudah mendapat pengesahan dari Departemen Hukum dan HAM sehingga bank baru hasil merger sudah bisa menjalankan operasional dengan nama yang baru mulai saat ini.

Merger ini merupakan langkah integrasi tiga bank yang berawal dari diakuisisinya Hagabank dan Bank Hagakita pada awal 2007. Dengan ketentuan single presence policy dari Bank Indonesia, maka Rabobank, Hagabank dan Bank Hagakita melakukan merger dengan nama baru Rabobank Indonesia.

Sementara Wakil Presiden Direktur Rabobank Indonesia Danny Hartono mengatakan bank hasil merger akan fokus pada sektor pangan dan agribisnis, serta beberapa pilihan produk dan jasa lain untuk pasar korporasi.

Pihaknya juga akan memperkuat sektor pembiayaan ke UMKM dengan memanfaatkan jaringan dari Hagabank dan Bank Hagakita.

"Kami akan semakin gencar menggarap sektor UMKM yang potensial karena sektor ini telah menunjukkan kinerja yang baik dalam beberapa tahun terakhir, yang terlihat dari berkurangnya NPL (kredit bermasalah) nasional dari 4,3 persen di 2006 menjadi 3,44 persen," kata Hartono.[*/L2]

Sumber : Inilah.com

Tidak ada komentar: